Pages

Selasa, 14 Desember 2010

Tentang Persatuan Warga Kaur (PWK) Palembang




SEKILAS LINTAS AWAL BERDIRINYA PWK PALEMBANG .

Tentang Persatuan Warga Kaur ( PWK) Palembang
Bahwa Sebagai satu Etnis (asal daerah dan keturunan) anak Kaur yang ada diperantauan perlu suatu ikatan yang didasarlan kedaerahan yang tepat memberikan perlindungan atas harkat dan martabat diri dan keluarga kaur.
Logo PWK Palembang

Agar terjalin ikatan yang kuat dikalangan warga kaur yang ada di Palembang ini maka dibentuklah organisasi yang bersifat kedaerahan yang telah disepakati dinamakan Persatuan Warga Kaur (PWK) Palembang yang diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

PWK didirikan pertama kali oleh warga Kaur yang bermukim di Palembang dan sekitarnya / keturunan Kaur yg berada Palembang dan sekitarnya . Tercatat pada tahun 1958 itu hanya ada warga asal Kaur dan sekitarnya Yang bermukim di Kotamadya Palembang hanya sebanyak 12 Kepala Keluarga saja.

Organisasi PWK berdiri pada tgl 16 Maret 1957 , Pada waktu itu Organisasi tersebut bernama Himpunan Anak Kaur disingkat ( HAK ) .Tercatat dalam Sejarah dan Fakta yg kami kumpulkan dari tokoh tokoh pendiri H.A.K yang kini masih ada antara lain Keterangan dari bapak H Zainul Rahman SH dan H. Arsyad Ilyas , Zulkipli Tempuh serta Herman Salimi . Ketua Himpunan Anak kaur atau H.A.K Pada Waktu Itu adah M Saleh Oeyub , Z Arifin gabak dan Juga Jaksa Idrus Amir Serta Pengurus lainnya adalah Arsyad Ilyas serta Zainul Rahman .

Setelah Priode tersebut tercatat juga yg pernah menjadi Ketua Himpunan Anak Kaur atau HAK adalah Mayor Zahri Tani , datuk Zulkipli tamat dan Zulkipli Mukmin ditambah beberapa pembantu Pengurus antara lain Oesman tingi , Zainuddin Thalib , Arsyad Ilyas , Abdullah Amin , Herman Salimi serta Zainul basri Rahman dan Zulkipli Tempuh .

Setelah berdirinya Organisasi kekeluargaan Himpunan Anak kaur atau H.A.K pada masa itu 2 (dua ) tahun kemudian berdiri pula Organisasi GPPK kaur atau Gerakan Pemuda Pelajar kaur yang berpusat di Kota Palembang .Organisasi GPPK Palembang di Ketuai Oleh Oesman Tinggi , Sekretaris Umum Zulkipli Tempuh dengan Ketua Harian Taher Amir . para penasehat GPPK adalah jaksa Idrus Amir , Anwar Arsyad , Daruki Amir serta Anang Hasyim dan Jamaluddin Beringin Serta para pengurus antara lain Fauzi Alwi Ahmad dan lainnya .

Organisain GPPK Palembang ini pernah merekomendasikan agar Eks wilayah Kewedanaan Kaur yang meliputi wilayah Kaur Utara , Kaur Tengah dan kecamatan kaur Selatan untuk dapat memisahkan diri dari Kewedanaan Manna Bengkulu Selatan dan di Usulkan membentuk Wilayah atau kabupaten baru. Namun tidak membuahkan hasil dan menjadi cemoohan para pejabat dan anggota Senate dari Keresidenan Bengkulu pada waktu itu..

Kemudian diawal tahun 1960 Organisasi GPPK Palembang dengan restu dari Penasehat HAK mengusulkan kepada Pemerintah Pusat pada waktu itu melalui Presiden RI Ir Soekarno dg Kabinet 100 Menteri Agar wilayah Keresidenan Bengkulu untuk dapat memisahkan dengan propinsi Sumatra Selatan dgan kata lain mengusulkan agar Wilayah Eks Keresidenan Bengkulu membentuk Propinsi tersendiri yaitu Propinsi Bengkulu. Namun Usulan kepada pemerintah pusat tersebut tidak mendapat tanggapan bahkan GPPK Palembang dituduh melakukan kegiatan Subersiv dan Kontra revolusi yang mengakibatkan para Ketua dan Pengurus GPPK Palembang dan HAK dipanggil oleh Kepala Distrik Kepolisian Palembang yg bermarkas di Bukit Kecil Palembang .

Dalam Era Tahun 1960 an dan sampai Th 80 an tercatat yg pernah memimpin Organisasi H.A.K ini antara lain Datuk Zainul Basri, Halim Kalman BA dan Anwar Arsyad dan Zainul Basri rahman SH . Kini ke angotaan HAK ini semakin berkembang dan bertambah dengan banyak pendatang dri kaur yg bermukim di Palembang . Dalam tahun 1985 Anggota H.A.K Palembang ini tercatat hanya 60 Kepala keluarga dan dalam tahun 2007 tercatat lebih dari 170 KK anggota HAK yg bermukim di Kota Palembang dan sekitarnya . Dan penggantian pengurus senantiasa dilakukan setiap 4 atau 5 Th sekali.

Dan tepatnya pada tanggal 1 januari 2010 organisasi Himpunan Anak kaur atau HAK berubah menjadi PWK Persatuan Warga Kaur Palembang . Perubahan Nama HAK menjadi PWK Palembang ini dirubah dalam masa Kepengurusan Ketua PWK Palembang Drs H Son Eswandy . Wakil Ketua Taswin Paman Spd dan Herman SE Sekretaris Mardi Fahrozi SH untuk priode  2007-2013 hingga sekarang ...//.

Keanggotaan. PWK Palembang ditahun 2014 sekarang tercatat 245 KK lebih dg ke anggotaan 550 orang .// Son .
MAKSUD DAN TUJUAN ORGANISASI PWK.
Adapun Maksud dan Tujuan organisasi PWK ini Adalah Untuk menghimpun seluruh warga kaur , keturunan tali persaudaraan warga yang berasal dari daerah kabupaten Kaur Propinsi Bengkulu bersatu dalam wadah organisasi sosial PWK guna mempererat persaudaraan / Silaturahmi antara sesama warga Kaur dimana saja berada, disamping melakukan kegiatan2 sosial yg bermanfaat dan kepedulian sesama warga Kaur dalam rangka men sejahterakan anggota nya khususnya warga Kaur di Palembang dansekitarnya

MOTTO PERSATUAN WARGA KAUR .
Motto Persatuan Warga kaur adalah :
"Serase, Sehijean ,Setulungan ,Setibean dan Semanjauan "

V I S I …………
Terwujutnya Jalinan Silaturahmi Antar warga Kaur beserta keluarga baik di perantauan maupun di kaur dengan kepedulian sesama warga Kaur sebagai bagian dari warga Negara NKRI.

M I S I ………….

  1. Menjalin Persatuan dan Kesatuan antar warga Asal kaur beserta keluarganya .
  2. Melakukan Silaturahmi antar warga Kaur di Perantauan beserta keluarga dan simpatisan nya.
  3. Memupuk Semangat Gotong royong dan Kepedulian Sesame warga Kaur .
  4. Serase, Sehijean , Setulungan , Setibean dan Semanjauan


SUSUNAN PENGURUS HARIAN PWK PALEMBANG:
Periode 2007-2013
Drs.H .Son Eswandy
Ketua PWK Palembang
HP:08127820344
Herman Suardi SE, MM
Wakil Ketua PWK Palembang
Taswin Paman SPd 
Wk Ketua I PWK Palembang
HP: 081367713806
Mardi Fahrozi, SH
Sekretaris Umum
HP : 085368982590
Dra.Hj Asseptianova Zalilii,M.Pd
Bendahara
HP :085268240507
H.Zainul Basri SH,Mkes 
Dewan Penasehat

7 komentar:

  1. Assalamu'alaikum.

    salam kenal, bapak-bapak. Aku ini jeme Kaur, lahir di Air Langkap (desa Sukarami), Kaur Tengah.

    Senang tahu ade persatuan warga kaur di Palembang ini. Insya Allah aman ade tugas ke Pelambang, aku singgah. Aman bulih... :)

    Terime kasih pule untuk Pak Eswandy yang mampir ke blogku.

    BalasHapus
  2. Terime kasih sanak lah singgah di blog PWK, namenye saje mpai dibuat jadi masih banyak ku'angnye. Tulung kudai kalu ade artikel atau foto tentang Kaur di share ke sini.
    Kalu ke Palembang ndang deh singgah, kami tunggu...

    BalasHapus
  3. Pengen minta nama2 anggota pwk kaur di palembang

    BalasHapus
  4. Terima Kasih . Daftar Angora PWK Palembang Masih di susun .. Dan segera kami buat ... Masih dalam Penataan . Salam Kami dari PWK Palembang

    BalasHapus
  5. selamat sore , salam sejahtera .

    saya adinda dari jakarta , salam kenal untuk para PWK . maksud tujuan saya , saya ingin meminta bantuan pada PWK atas masalah saya . saya di tipu oleh salah satu toko dipalembang . toko selular .
    apabila dapat membantu , saya sangat mrngucapkan banyak terimakasih .

    hormat saya
    adinda

    BalasHapus
  6. Adinda, Terima kasih sudah mampir ke blog PWK Palembang, kami ikut prihatin atas masalah yang anda alami, saran kami hal ini sebaiknya dilaporkan ke fihak yang berwajib.

    BalasHapus
  7. Makasih segale nye awu.....amen ke Palembang singgah ngsn kami awu.....

    BalasHapus