Sekapur Sirih

Malah singgah kudai adik Sanak........ manjaui kudai kami di Blog Persatuan Warga Kaur (PWK) Palembang..... disinilah jalan kite bebagi ce'rite, saling bebagi informasi, baik ce'rite di Kaur juge ce'rite dijalan kite tinggal mak kini.......Kritik, saran dan masukan untuk helau nye Blog ini kami tunggu nihan, juge kalu ade seguk'an artikel / tulisan serta foto yang ade hubungan nye dengan Kau'r bulih lah diki 'rimkan kesini......Mudah-mudahan saje blog ini dapat menyatukan kite warga Kaur di'rantau dengan adik sanak di dusun laman.....................

Selasa, 16 Mei 2017

Tolak Galian C, Warga Pagulir Rapat Akbar 300 Massa


WARGA BERKUMPUL: Warga Pagulir berkumpul menolak kegiatan tambang galian C kemarin (15/5).
KOTA BINTUHAN – Sekitar 300 massa yang berasal dari 9 desa di Kecamatan Padang Guci Hilir kemarin (15/5) menggelar rapat akbar bersama di lapangan Desa Talang Jawi. Kegiatan ini bertujuan menolak kegiatan galian C yang akan dibuka dalam waktu dekat. Massa yang terdiri dari orang dewasa dan ibu-ibu sejak kemarin pagi sekitar pukul 09.00 WIB berkumpul di Desa Talang Jawi.
Rapat akbar secara adat ini bertujuan menunjukkan penolakan warga terhadap kegiatan galian C di Pagulir. Massa membawa pisau, tombak, kayu dan lainnya berkumpul di lapangan. Semua massa ingin kegiatan galian C di Pagulir ditutup. Karena berdampak pada kerusakan irigasi, lahan persawahan dan jalan. Kepastian ini disampaikan salah satu warga Pagulir, Abun kepada RB.
“Kami rapat akbar, bukannya demo. Ini menunjukkan pada pemerintah, kami menolak kegiatan galian C di Pagulir. Dampaknya sudah sangat dirasakan masyarakat Pagulir,” terang Abun.
Kapolres Kaur AKBP Bambang Purwanto, S.IK melalui Kabag Ops Kompol Hadi Saputra mengatakan kegiatan massa di Pagulir berjalan aman dan tertib. Usai rapat dan orasi bersama, warga berangsur meninggalkan lokasi dan pulang ke rumah masing-masing.
“Aksi massa di Pagulir sama seperti sebelumnya, menolak kegiatan galian C di Pagulir. Kegiatan berjalan aman dan tertib, tidak ada pengerusakkan,” kata Kabag Ops.
Terpisah Pemkab Kaur  menggelar rapat bersama terkait kegiatan tambang di Pagulir. Sekda Kaur Nandar Munadi, S.Sos, M.Si mengatakan berdasarkan hasil kajian tim kegiatan galian C bisa dilanjutkan. Karena punya izin lengkap dan belum berdampak.
Terkait fasilitas jalan, kegiatan galian C, tonase pengangkutan galian C yang selama ini dilakukan akan dibatasi. “Berdasarkan kajian tim kegiatan galian C bisa terus dilaksanakan. Jalan disepakati akan diperbaiki. Kegiatan galian C akan dibatasi, termasuk tonase pengangkutannya,” beber Nandar.
Soal penolakan warga, dia akan mengkaji jumlah warga yang menolak kegiatan galian C tersebut. Karena penutupan galian C juga akan berdampak pada pembangunan Kaur ke depan. Apalagi sumber batuan di Kaur banyak di Pagulir.(cik)

Sumber:http://harianrakyatbengkulu.com/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India